ARTI PIDATO SECARA SEDERHANA


Kata pidato sudah tidak asing lagi di telinga kita, tua-muda, termasuk anda yang sedang mencari arti dari kata tersebut. Pidato tampaknya hanyalah suatu kegiatan berbicara, membicarakan sesuatu, atau memperdengarkan sesuatu kepada khalayak. Terlihat mudah. Tapi, apakah anda termasuk seseorang yang seringkali ditugaskan membuat pidato, tapi kadang mandeg mau ngomongin apa? Jika itu terjadi, kita harus kembali pada satu Tanya: Apa sebenarnya pidato itu? 
Foto Pribadi: Para Muballig di acara pernikahan

Langsung saja yuk kita bahas, apa sih pidato itu? 

Berikut ini saya sertakan arti-arti pidato dari beberapa bahan bacaan. 
  • Di kamus bebas Wikipedia, pidato diartikan sebagai sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. 
  • Di blognya Ilmu Pengetahuan, pidato diartikan sebagai suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. 
  • Lain lagi, pengertian pidato dari blognya Pengertian Ahli. Ia menuliskan bahwa pidato adalah salah satu bentuk cara penyampaian/pengungkapan pikiran secara lisan dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan, untuk membujuk atau menyampaikan informasi yang ada, memberikan hiburan dan memberikan perintah yang memerlukan kemahiran dasar, antara lain: mampu mengungkapkan pikiran secara lisan dengan lancar, menguasai retorika atau gaya berbicara dengan bahasa yang baik dan benar, dan memiliki keberanian tampil di muka umum. 
  • Di blognya Kelas Indonesia, dituliskan bahwa pengertian pidato adalah suatu kegiatan menyampaikan suatu ide, nasihat, gagasan, pesan secara lisan di depan orang banyak yang bersifat satu arah dan digunakan sebagai media komunikasi untuk menyampaikan sesuatu, atau menghimpun suara, menggugah pikiran dan semangat para audiens 
Sudah cape membaca? Tahan dulu ya!
Kita perlu menemukan benang merah dari pendapat-pendapat di atas. Anda bisa bersetuju atau tidak, saya sendiri menyimpulkan bahwa arti pidato secara sederhana adalah sebagai berikut: 

Pidato, secara sederhana, dapat diartikan sebagai suatu cara berkomunikasi dengan orang banyak secara lisan dan terencana. 


Kenapa cara berkomunikasi? Karena bukankah komunikasi suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain? Dan tentu saja ia harus memiliki tujuan yang jelas. 

Persoalan berpidato sesungguhnya yang saya pahami adalah persoalan bagaimana mengomunikasikan sesuatu kepada orang banyak. Karena itu, sebelum berpidato kita perlu merencanakan apa inti yang akan disampaikan, bagaimana cara menyampaikan pemikiran tersebut kepada begaimana audiens nanti. Selesai. 

So, itulah pengertian pidato secara sederhana. Semoga bermanfaat, khususnya semoga pidato yang akan anda sajikan lebih baik lagi, lebih tepat sasaran dan tujuannya! 

Komentar